Beri Si Kecil ASI Bukan Yang Lain

ibu-menyusui

Makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir adalah ASI. Ibu yang baru melahirkan harus membiasakan diri menyusui. Ibu menyusui harus mengkonsumsi gizi yang baik agar dapat memproduksi ASI yang berkualitas. Sebab itu bayi yang baru lahir harus diberi ASI eksklusif.Makna eksklusif menurut World Health Organization (WHO) adalah pemberian ASI, tanpa tambahan cairan lain berupa iar putih, susu formula dan madu. Bayi juga tidak diberikan tambahan makanan seperti pisang, alpukat, biskuit, bubur hingga anak berusia 6 bulan. Setelah menjalani ASI eksklusif, ibu bisa terus melanjutkan memberikan ASI kepada anak dengan tambahan makanan lanjutan lainnya.
ASI mengandung zat-zat makanan yang sangat lengkap sehingga hanya dengan mengkonsumsi ASI bisa merasa kenyang dan tumbuh dengan sehat.

Berikut adalah zat-zat yang terkandung didalam ASI:

Lemak
Kandungan lemak dalam ASI sekitar 35% dan merupakan lemak tak jenuh, sehingga mudah di cerna bagi bayi. Jenis lemak Omega3 yang terkandung dalam ASI bisa membantu meningkatkan perkembangan visual dan fungsi kognitif bayi.

Protein
Protein berguna untuk pertumbuhan dan memelihara jaringan dan sel-sel tubuh bayi. 40% protein dalam ASI berjenis kasein yang berisi asam amino dan 60% berjenis whey, yang mengandung air, elektrolit dan protein. Asam amino yang juga ditemukan dalam ASI adalah taurin yang berfungsi sebagai neurotransmitter Atau penghubung dalam otak dan retina mata dan karnitin, yang sangat penting untuk mencerna lemak.

Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan energi bayi. ASI mengandung laktosa, salah satu bentuk karbohidrat yang nantinya akan dipecah menjadi bagian yang lebih kecil lagi, sekitar 7%. Kandungan laktosa yang cukup tinggi akan mempengaruhi pertumbuhan bakteri baik.

Vitamin
Kebutuhan vitamin bayi dapat terpenihi hanya dengan meminim ASIselama 6 bulan pertama dengan catatan asupan ibu seimbang. Ibu harus mengkonsumsi makanan yang cukup kandungan lemak, protein dan karbohidrat.

Kekurangan salah satu zat lemak, protein, vitamin dan lemak pada bayi bisa membuat gangguan pada tumbuh kembang bayi. Miliki anak sehat dengan menjaga asupannya sejak bayi.

This post has already been read 1417 times!

One comment to Beri Si Kecil ASI Bukan Yang Lain

  • Beri Bayi ASI Setelah proses Persalinan  says:

    […] ibu tentunya Anda tidak akan membiarkan hal demikian terjadi. Segera beri bayi ASI setelah proses persalinan. Bila pihak rumah sakit memberi izin, sebaiknya setelah bayi keluar […]

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>