Bayi Sering Sakit, Apa Masalahnya?

Bayi yang masih berusia dibawah sebulan sangat rentan kesehatannya. Lingkungan sangat berpengaruh untuk kesehatan bayi. Maka itu, sirkulasi udara dan kebersihan lingkungan disekitar bayi sangat penting untuk diperhatikan.

Bagaimana bila usia bayi sudah lebih dari sebulan dan tetap sering sakit?

Beberapa penyakit yang sering menyerang bayi memang masih dianggap wajar. Tapi tetap saja, bila bayi terlalu sering sakit atau sakit yang tidak kunjung sembuh, maka bayi perlu mendapat perhatian khusus. Berikut ini beberapa hal yang dianggap wajar:

1. Bayi gumoh
Tidak perlu khawatir bila bayi muntah atau gumoh. Biasakan habis memberi ASI, minum susu atau memberi bubur pada bayi untuk menepuk-nepuk bagian tengkuk bawah atau punggung bayi dengan perlahan. Biarkan bayi berdeham. Kita menyebutnya dengan sendawa. Gumoh hanya keluar sedikit. Tapi bila muntah terus terjadi dan jumlah yang keluar sebanyak yang dikonsumsi, sebaiknya bawa bayi ke dokter anak.

2. Bayi sering kembung atau mencret
Bayi rewel, nangis dan susah tidur adalah tanda-tanda perut bayi sedang tidak enak. Bayi merasa tidak nyaman bila perut kembung. Biasanya anak akan mencret. Kotorannya cair dan sedikit berlendir.

Tidak perlu khawatir, ibu bisa memetik daun jarak sekitar 3 lembar. Cuci bersih daun jarak untuk dipakai sebagai obat perut kembung pada bayi. Setelah daun jarak dikeringkan, garang di atas tempat memsak nasi, sebaiknya tidak dibakar, hanya perlu diuakan akar daunnya menjadi lemas. Oleskan minyak kelapa atau minyak telon ke daun jarak. Letakkan daun jarak di perut dan punggung bayi. Balut tubuh bayi dengan gurita. setelah bebera jam lepas kembali. Bila daun jarak itu berubah menjadi kering, ini wajar karena panas tubuh bayi terserap.

3. Bayi sering flu
Udara yang sering berganti-ganti membuat suhu disekitar kita cepat sekali berubah-ubah. Bila tidak mampu beradaptasi dengan baik, bayi bisa mengalami flu. Terus berikan ASI bila anak flu. ASI baik untuk menjaga kekebalan tubuh bayi. Bila tubuh bayi menjadi panas karena demam pertanda ada infeksi pada tubuhnya. Bila 2 hari flu tidak reda bisa periksakan ke dokter anak.

Sumber

This post has already been read 997 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>